Thursday 18 September 2014

Berita Bitcoin , Butuh uang, Wikipedia akhirnya terima 'Bitcoin'

Advertisement

Merdeka.com - Jumlah server yang besar mendorong Wikipedia untuk mencari uang dari berbagai sumber dan sponsor. Guna memperlebar jangkauan pendanaan yang mereka bisa terima, kini Wikipedia menerima bentuk pembayaran yang tengah kontroversial, 'Bitcoin'.
Wikipedia saat ini memang tengah mengharapkan sumbangan dana dari para mahasiswa di seluruh dunia. Mengingat informasi-informasi yang mereka berikan paling banyak digunakan oleh para pelajar. Namun tata cara penyaluran bantuan dana yang merepotkan kadang membuat para pelajar dan sponsor lain mengurungkan niat mereka.
Untuk mencegah hal itu terjadi lagi, Wikipedia sejak minggu lalu telah menerima dana dalam bentuk 'Bitcoin' atau uang digital yang mudah untuk disebarluaskan via internet.
Cara ini pun dianggap cukup berhasil, sebab dalam waktu kurang dari 10 hari Wikipedia sudah mendapatkan Bitcoin dengan nilai mencapai USD 140.000 atau Rp 1,6 miliar lebih. Memiliki dana dalam bentuk Bitcoin juga dipandang lebih aman dari pada dalam mata uang dolar karena nilainya yang kini lebih stabil, Ubergizmo (10/08). Nilai satu Bitcoin sendiri saat ini cukup stabil di kisaran USD 590 atau Rp 6,9 jutaan.
Keikutsertaan Wikipedia untuk menggunakan Bitcoin bisa berdampak baik terhadap pertumbuhan dan kepercayaan masyarakat dunia terhadap Bitcoin. Sebab, sampai saat ini selain rawan dicuri oleh para hacker, Bitcoin diisukan sebagai mata uang digital yang prakarsai oleh Badan Inteligen Amerika, CIA atau NSA, IBT (09/08).

No comments:

Post a Comment